Minggu, 23 Juni 2013

cara membuat screen shoot




Cara Membuat Screenshot di Komputer PC dan Laptop
Cara Membuat Screenshot di Komputer PC dan Laptop

Cara Membuat Screenshot di Komputer PC dan Laptop - Sebenarnya ini merupakan trik yang sudah kuno dan banyak orang yang sudah tau mengenai ini.
Tapi apa salahnya bila saya bahas lagi disini, mungkin ada beberapa dari anda yang belum tahu mengenai trik ini. Screenshot sendiri merupakan proses untuk mengambil gambar yang sedang aktif di layar komputer kita.
Dengan mengklik tombol salah satu tombol dari keyboard anda dan kemudian letakan di software pengolah gambar.
Kira-kira nantinya screenshot in bisa berguna jika anda sedang membuat tutorial yang membutuhkan gambar pendukung. Sebagai contoh ini adalah screenshot dari layar komputer saya :
Contoh Screenshot
Lalu bagaimana caranya ? sangat mudah ternyata, cukup perhatikan langkah-langkah dibawah ini dengan seksama :
Tombol Screenshot
Anda perhatikan gambar di atas, tombol Print Screen/SysRq atau kalau di laptop biasanya bertuliskan Prt Sc. Nantinya tombol itu yang akan kita gunakan untuk mengcapture gambar di laptop..
1. Tentukan apa yang ingin anda buat screenshot. Misal saya ingin membuat screenshot Notepad saya. Maka buka dulu Notepad anda.
2. Setelah sudah fix, tekan tombol yang ada pada gambar di atas. (Jika anda menggunakan laptop, biasanya akan ada tombol Fn. Tekan tombol tersebut bersamaan dengan tombol Print Screen)
3. Kemudian buka software pengolah gambar, biasanya Adobe Photoshop atau bila tidak ada anda juga bisa gunakan Paint. Setelah itu klik CTRL + V atau klik kanan lalu pilih PASTE. (Kebetulan saya menggunakan Paint)
Paste di Paint

4. Setelah itu klik menu dropdown di bagian kiri atas. Pilih menu SAVE AS lalu tentukan format gambarnya, biasanya saya menggunakan JPEG PICTURE
Save as Screenshot anda

5. Selamat screenshot anda sudah jadi sekarang. Anda bisa melihatnya di tempat tadi anda save gambar tersebut.

Bagaimana, mudah bukan ? memang sebenarnya untuk membuat screenshot itu mudah, tidak perlu menggunakan software third content. Karena pada keyboard komputer dan laptop pun sudah disediakan untuk melakukan itu. Baiklah, saya rasa artiel Cara Membuat Screenshot di Komputer PC dan Laptop ini dapat bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar